Laman

Selasa, 24 Agustus 2010

1. Topik/Obyek
“Peranan Air Bagi Pertumbuhan Tanaman Bawang Merah”
(Oleh : Rudolf Doni Abrauw)

2. Latar Belakang
Air merupakan sumberdaya yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia maupun makhluk hidup lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada kehidupan dimuka bumi ini yang dapat berlangsung tanpa air. Namun demikian perlu disadari bahwa keberadaan air di muka bumi ini terbatas menurut ruang dan waktu baik secara kuantitas maupun kualitas.
Dalam Undang-Undang No.7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air pasal 29 menetapkan pada ayat 1 dan 2 bahwa “penyediaan sumber daya air ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air dan daya air serta memenuhi berbagai keperluan sesuai dengan kualitas dan kuantitas. Selanjutnya disebutkan bahwa air dalam setiap wilayah sungai dilaksanakan sesuai dengan penatagunaan sumberdaya air yang ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, sanitasi lingkungan, pertanian, ketenagaan, industri, pertambangan, perhubungan, kehutanan, keanekaragaman hayati, olahraga, rekreasi dan pariwisata, ekosistem dan estetika.
Tanaman bawang merah merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik didataran rendah sampai ketinggian 800 m diatas permukaan laut (dpl), tetapi pertumbuhan yang optimal biasanya dijumpai didaerah dengan ketinggian antara 10-250 m dpl.
Pembudidayaan tanaman bawang merah sangat bergantung pada air, karena air merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan panen bawang merah. Rukmana Rahmat (-------- : 48) melalui penelitiannya mengemukakakn bahwa “pemberian air 7,5 – 15 mm dengan frekuensi 1(satu) hari sekali rata-rata memberikan bobot basah umbi tertinggi”. Selanjutnya disebutkan bahwqa pada fase awal pertumbuhan tanah harus cukup lembab, sehingga pengairan dapat dilakukan 1-2 kali sehari, tergantung pada keadaan iklim, kandungan air tanah, tingkat pertumbuhan tanaman, dan sifat perakaran tanaman.
Dari uraian diatas ternyata air mempunyai fungsi juga dalam menunjang kegiatan pertanian, khususnya tananman bawang merah. Sehingga yang menjadi topik/obyek yang hendak dikaji sebagai tugas individu yaitu “Peranan Air Bagi Budidaya Tanaman Bawang Merah”.

3. Kajian Pustaka
Dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air Pasal 29 ayat 1 dan 2 menyebutkan bahwa “Penyediaan sumberdaya air ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air dan daya air serta memenuhi berbagai keperluan sesuai dengan kualitas dan kuantitas. Penyediaan sumberdaya air dalam setiap wilayah sungai dilaksanakan sesuai dengan penatagunaan sumberdaya air yang ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan poko, sanitasi lingkungan, pertanian, ketenagaan, industri, pertambangan, perhubungan, kehutanan, keanekaragaman hayati, olahraga, rekreasi dan pariwisata, ekosistem dan estetika serta kebutuhan lain yang ditetapkan melalui peraturan perundang-undangan.
Dalam tulisan Rukmana Rahmat (------- : 11) dijabarkan bahwa tanaman bawang merah berasal dari daerah Asia Tengah, yaitu sekitar India, Pakistan sampai Palestina. Selanjutnya disebutkan bahwa tanaman ini merupakan tanaman yang tertua dari silsilah budidaya tanaman oleh manusia, karena hal ini ditunjukkan pada prazaman I dan II (3.200-2.700 SM) bangsa Mesir sering melukiskan bawang merah pada patung dan tugu-tugu mereka.
Pada penelitian Rukmana Rahmat (------- : 48) disebutkan bahwa pemberian air 7,5 mm dengan frekuensi 1(satu) hari sekali rata-rata memberikan bobot basah umbi tertinggi, karena pada fase awal pertumbuhan keadaan tanah harus cukup lembab, sehingga pengairan dapat dilakukan 1-2 kali sehari dan tergantung pada keadaan iklim, kandungan air tanah, tingkat pertumbuhan tanaman dan sifat perakaran tanaman.

4. Kenyataan di lapangan dari obyek kajian anda bila dikaitkan dengan konsep geografi ekonomi
Dari hasil pengamatan lapangan dapat dikatakan bahwa ada kaitannya dengan geografi ekonomi karena adanya lokasi yang dijadikan sebagai tempat aktvitas, karena tanaman bawang merah merupakan salah satu dari beberapa jenis tanaman palawija yang dikembangkan pada lahan seluas 1 ha. Selanjutnya terdapat petani yang memiliki sumberdaya manusia dalam mengelola dan membudidayakan bawang merah sekaligus sebagai pelaku kegiatan ekonomi. Dari hasil budidaya tanaman bawang merah akan dipasarkan, yang mana pada proses inilah terjadi interaksi antara petani dan pembeli/peminat tanaman bawang merah.

5. Kenyataan di lapangan dari obyek kajian anda bila dikaitkan dengan:
a. Unsur dan fungsi perencanaan pembangunan ekonomi
Peranan air dalam budidaya tanaman bawang merah sangat menentukan. Karena berdasarkan informasi yang diperoleh dari petani bahwa disekitar lahan pertanian sudah tiga tempat yang hendak dibuat sumur bor untuk pengairan tanaman bawang merah namun tidak mendapat air, sehingga petani memanfaatkan air selokan untuk mengairi tanaman bawang merah dengan bantuan mesin diesel Alcon. Selanjutnya berdasarkan penuturan petani bahwa tanaman bawang merah baru dikembangkan karena mengikuti perkembangan pasar, dengan demikian dapat dikatakan bahwa sumberdaya manusia petani bawang merah kreatif dalam membaca peluang pasar sehingga akan turut merangsang pertumbuhan ekonomi.

b. Syarat-syarat keberhasilan suatu perencanaan
Dalam membudidayakan bawang merah petani sudah merencanakan, untuk dikembangkan, walaupun kesulitan mendapat air untuk pengairan. Tetapi karena dorongan untuk membudidayakan maka petani mengairi bedeng-bedengan tanaman bawang merah dengan air selokan yang dipompa dengan bantuan diesel Alcon.
 Tanaman bawang merah dikembangkan karena berdasarkan informasi dari Petani bahwa, kebutuhan bawang merah yang ada tidak sedang didatangkan dari luar Papua.
 Tujuan dikembangkannya tanaman bawang merah adalah agar dapat meningkatkan pendapatan petani, walaupun kesulitan mendapat air dalam mengairi tetapi sudah ada tujuan yang realistis yaitu mencapai kesejahteraan maka dengan segala cara dan upaya petani bawang merah rela untuk membeli mesin diesel alcon agar dapat mengairi tanaman yang dibudidayakan.

6. Pemecahan masalah sesuai obyek kajian dikaitkan dengan strategi pembangunan ekonomi berdasarkan pendekatan geografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar