RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP Ke - 2
Sekolah : SMP Negeri 2 Jayapura
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ II (Dua)
Alokasi Waktu : 2x40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.3 Mendeskripsikan kondisi geografi dan penduduk
Indikator :
4.3.1 Mendeskripsikan kondisi geografis Indonesia.
4.3.2Mendeskripsikan keuntungan/pengaruh letak geografis Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
- Mendeskripsikan kondisi geografis Indonesia.
- Menjelaskan keuntungan/pengaruh letak geografis Indonesia.
Karakter siswa yang diharapkan :
1. Disiplin (Discipline)
2. Rasa hormat dan perhatian (respect)
3. Tekun (Diligence)
4. Tanggung jawab (Responsibility)
5. Ketelitian ( Carefulnes )
B. Materi Pembelajaran
Materi Pokok : Kondisi Geografis Indonesia
Sub Materi :
1. Letak
2. Luas
3. Topografi
4. Tanah
5. Iklim
6. hidrologi
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah & Tanya Jawab
2. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
- Pendahuluan (5 Menit )
a. Salam
b. Absensi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
d. Apersepsi : Menanyakan pada siswa tentang tiga simbol yang terdapat pada
peta Indonesia
e. Motivasi : Menanyakan pada siswa tentang kondisi geografis Indonesia
- Kegiatan inti ( 65 Menit )
a. Eksplorasi
1) Tanya jawab tentang kondisi geografis Indonesia.
2) Tanya jawab tentang keuntungan/pengaruh kondisi geografis Indonesia.
b. Elaborasi
1) Guru mendeskripsikan kondisi geografis Indonesia dengan menggunakan Peta Indonesia, yaitu :
a) Letak terdiri dari posisi geografis dan letak geografis.
b) Luas Indonesia
c) Topografi terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, igir dan lembah.
d) Tanah
e) Iklim
f) Hidrologi
2) Guru menjelaskan tentang keuntungan/pengaruh kondisii geografis Indonesia.
c. Konfirmasi
1) Guru bertanya pada siswa tentang hal-hal yang belum dipahami/diketahui oleh siswa.
2) Guru memberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan maupun isyarat terhadap keberhasilan siswa.
- Penutup (10 Menit )
a. Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
b. Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
c. Tindak lanjut ( Memberi PR kepada Siswa )
E. Alat/Bahan dan Sumber Pembelajaran
- Alat/Bahan
Peta Indonesia
- Sumber Pembelajaran
1) Tim Abdi Guru., 2006. IPS Geografi Untuk SMP Kelas VII KTSP 2006. Jakarta : Erlangga Halaman 143 - 152.
2) Ginting P, dkk., 2006. IPS Geografi Untuk SMP Kelas VII KTSP 2006. Jakarta : Erlangga. Halaman 112 – 130
3) Tim IPS., ______. IPS Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Klaten : Intan Pariwara. Halaman 22 - 23
4) News Star., _____. IPS Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VII KTSP. Kartasura : Media Karya. Halaman 11 – 12.
F. Penilaian
- Teknik Penilaian
a) Tes Lisan
- Bentuk Instrumen
a) Soal uraian
- Instrumen
a) Deskripsikan dengan singkat posisi dan letak geografis Indonesia !
b) Sebutkan keuntungan yang dimiliki Indonesia dilihat dari kondisi geografisnya.
Kunci Jawaban :
a) Posisi geografis adalah posisi suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan bujur, sehingga posisi geografis Indonesia berada pada 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT. Sedangkan letak geografis adalah letak suatu wilayah dipermukaan bumi dilihat dari wilayah sekitar yang lebih luas, sehingga letak geografis Indonesia berada di antara Benua Asia dan Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Pasifik.
b) Keuntungan yang dimiliki Indonesia, karena kondisi geografisnya, yaitu :
1) Indonesia berada didaerah tropis, karena terletak dikhatulistiwa sehingga mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun.
2) Indonesia terletak pada persilangan antara benua Asia dan benua Australia dan diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, sehingga menyebabkan angin muson mempengaruhi terjadinya musim hujan & kemarau.
3) Indonesia terletak pada pertemuan jalur gunung api dunia, di barat jalur pegunungan Sirkum Mediterania dan di timur jalur pegunungan Sirkum Pasifik sehingga banyak gunung api yang aktif di Indonesia.
4) Indonesia merupakan bagian Dangkalan Sunda (Barat) dan Dangkalan Sahul (Timur), sehingga kedalamannya ≤ 200 meter sehingga kaya akan rumput laut, ganggang dan ikan.
- Penskoran
No 1 = 40
No 2 = 60
Nilai Total = 100
Skor akhir = Skor yang diperoleh X 100
Skor total
Mahasiswa PPL Rudolf Doni Abrauw NIM. 007 014 0233 |
Dosen Pembimbing Drs. Ngadino, M.Si NIP.19480915 197503 1 001 | Guru Pamong Ra’adussa’adah, S.Pd NIP. 19710115 199702 2 006 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar